-->

Mengganti seal water pump jupiter mx

Pagi brad/sist, gimana kabar pagi ini?
Kali ini saya akan share seputar system pendingin, sebelum nya pernah saya singgung juga di air radiator bercampur dengan oli
Yups kita semua tau sebuah radiator berperan penting dalam mendinginkan suhu mesin, apabila system radiator terganggu maka bisa dipastikan motor kita akan over heat (panas berlebih)
Dan komponen yang sering bermasalah dalam system pendingin ini adalah seal water pump, seal tsb berfungsi sbagai pembatas agar air radiator tidak bercampur dengan oli, apa bila sampai terjadi maka mesin akan mengalami ke ausan, air da oli memang tidak bisa bersatu, tp apabila kedua nya bercampur di dalam putaran yang tinggi maka oli akan berwarna putih susu dan sifat oli yang tadi nya licin akan berubah menjadi lengket,
Jadi kalo motor brad/sist oli nya berubah warna segera di service,, untuk itu di saran kan mengecek oli dalam 2minggu sekali.
Apa bila air radiator bercampur oli jangan salah menanganinya kebanyakan orang di mesin di cuci dengan bensin/solar ada juga dengan menembakan angin bertekanan dan menurut saya itu kurang efektif.
Berikut cara menangani oli bercampur air radiator
1. Buang oli yang bercampur dengan air dan kuras sampai benar-benar habis
2. Beli lah oli yang murah buat membersihkan sisa" air yang masih ada di dalam mesin biasa nya oli mesran/formula
3. Setelah oli di tuang kedalam mesin nyalakan mesin & buat jalan sekitar 500M-1KM
4. Dinginkan mesin setelah dingin buang oli yang murah td, dan ganti dengan oli yang biasa nya brad/sist pakai, kalo saya sih shell advance ax7
5. Selesai
Ada 2 faktor penyebab air radiator bercampur oli
1. Seal waterpump
2. Packing silinder ruang bakar bagian atas (packing tembaga)
Bisa dibpastikan apabila air radiator bercampur oli maka kedua faktor tsb adalah penyebab nya
Buat harga sebuah seal waterpump sekitar 110rb dan 18rb packing tembaga buat OTR jakarta,
Mungkin cukup sekian dari saya
Terima kasih semoga bermanfaat

9 Responses to "Mengganti seal water pump jupiter mx"

  1. Mau tanya mas...mx ane suaranya kalo pagi2 d idupin kadar kyak klotok2 gtu...padahal rante keteng baru..tensioner ,liidah tensioner baru...celah kelep pas...apa pompa oli yg masalah ya mas? Coz kalo dah di panasi sekitar 15menit ilang tu suara klotok2 nya .di sebelah kiri mesin bagian magnet kedengeran bnget ..

    ReplyDelete
  2. Mau tanya mas...mx ane suaranya kalo pagi2 d idupin kadar kyak klotok2 gtu...padahal rante keteng baru..tensioner ,liidah tensioner baru...celah kelep pas...apa pompa oli yg masalah ya mas? Coz kalo dah di panasi sekitar 15menit ilang tu suara klotok2 nya .di sebelah kiri mesin bagian magnet kedengeran bnget ..

    ReplyDelete
  3. Sudah cek stang seher mas?
    Kemungkinan stang seher aus juga bisa mas,
    Bisa juga karet kopling, untuk memastikan karet kopling atau bukan, coba tekan kopling apa suara tsb ilang atau tidak, kalo suara berisik hilang berarti karet kopling, kalo masih bunyi juga, kemungkinan bisa dari stang seher yang sudah aus,,,

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. Mas bro.. sampean tinggal dimana.. saya pgn di ajari bongkar cilinder hed MX saya ini.. air radiator rembes keluar dr pakingngnya... Uda 3 kebengkel buat ganti paking.nya tapi ttp rembes aja... Kalo bisa ajari aku bongkar head cilin nya mas.. mau saya ganti sendiri ajaa.. masa 2 Minggu 3x kebengkel mas masih rembes aja.. jasa bongkar ya lumayan... salam CPP mass

    ReplyDelete
  6. Ganti seal water pump biar gk rembes lgi om

    ReplyDelete
  7. Hey what a brilliant post I have come across and believe me I have been searching out for this similar kind of post for past a week and hardly came across this. Thank you very much and will look for more postings from you. Warmtepompen

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan bijak...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel